Breaking

Sunday, January 21, 2018

Cara Install Driver Wifi Realtek RTL8723DE di Linux

Cara install driver wifi Realtek RTL8723DE di linux.



Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi atau trik bagaimana cara menginstal driver wifi Realtek RTL8723DE di linux.

Berdasarkan pengalaman saya menginstall distro linux mulai dari ubuntu, ubuntu mate, sampai linux mint saya selalu dapat masalah pada wifi driver yaitu berupa laptop tidak dapat mendeteksi sinyal wifi namun masih bisa terkoneksi ke internet dengan cara menggunakan kabel LAN yang tentu saja apabila kita memakai laptop cara itu kurang efisien dan fleksibel. Saya memang baru di Linux tapi mungkin sedikit dari pengalaman saya bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Oke langsung saja kita mulai bagaimana cara menginstall wifi driver Realtek RTL8723DE di linux.

Sebelum memulai pastikan laptop atau PC kalian terkoneksi ke internet menggunakan kabel LAN atau kalian juga bisa tethering dengan menggunakan USB tethering Android atau Bluetooth tethering Android.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menginstall git jika belum silahkan baca Cara Menginstall git pada linux. Kemudian mengecek versi kernel dari distro linux kita dengan cara mengetik :
uname -r
pada terminal.

jika versi kernel dibawah versi 4.11 ketikkan
sudo apt-get install build-essential git dkms
lalu

git clone -b 4.10-down https://github.com/jeremyb31/rtl8723de.git
sudo dkms add ./rtl8723de
sudo dkms install rtl8723de/5.1.1.8_21285.20171026_COEX20170111-1414
Kemudian reboot system.


Jika versi kernel diatas versi 4.11 lakukan langkah dibawah ini

Pada terminal ketikkan

sudo apt-get install build-essential git dkms
kemudian
git clone https://github.com/jeremyb31/rtl8723de.git
kemudian
sudo dkms add ./rtl8723de
kemudian
sudo dkms install rtl8723de/5.1.1.8_21285.20171026_COEX20170111-1414
Dan setelah itu reboot.

Oke itulah bagaimana cara menginstall wifi driver Realtek RTL8723DE yang dapat saya bagikan. Semoga bisa bermanfaat untuk kalian dan semoga berhasil. Terimakasih sudah mau berkunjung dan jika ada kesalahan saya mohon maaf. :)

2 comments: